Bismillah....
Nasab dan Kelahiran Ibnul Qayyim al-Jauziyah Rahimahullah
Beliau adalah Abu Abdillah Syamsuddin Muhammad bin Abu Bakar bin
Ayyub bin Sa’ad bin Hariiz bin Maki Zainuddin az-Zura’I ad-Dimasyqi
al-Hanbali. Yang lebih terkenal dengan panggilan Ibnul Qayyim al-Jauziyah.
Perjalanan beliau dalam Menuntut Ilmu
Ibnul Qayyim rahimahullah tumbuh berkembang di keluar yang dilingkupi
dengan ilmu, keluarga yang religius dan memiliki banyak keutamaan.
Ayahanda, Abu Bakar bin Ayyub az-Zura’i beliau adalah pengasuh di
al-Madrasah al-Jauziyah. Disinilah al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah
belajar dalam asuhan dan bimbingan ayahanda beliau dan dalam arahannya
yang ilmiyah dan selamat.
Dalam usia yang relatif beliau, sekitar usia tujuh tahun, Imam Ibnul
Qayyim telah memulai penyimakan hadits dan ilmu-ilmu lainnya di
majlis-majlis para syaikh/guru beliau. Pada jenjang usia ini beliau
rahimahullah telah menyimak beberapa juz berkaitan dengan Ta’bir
ar-Ruyaa (Tafsir mimpi) dari syaikh beliau Syihabuddin al-‘Abir. Dan
juga beliau telah mematangkan ilmu Nahwu dan ilmu-ilmu bahasa Arab
lainnya pada syaikh beliau Abu al-Fath al-Ba’labakki, semisal Alfiyah
Ibnu Malik dan selainnya.
Beliau juga telah melakukan perjalan ke Makkah dan Madinah selama
musim haji. Dan beliau berdiam di Makkah. Juga beliau mengadakan
perjalanan menuju Mesir sebagaimana yang beliau isyaratkan dalam kitab
beliau Hidayah al-Hiyaraa dan pada kitab Ighatsah al-Lahafaan.
Ibnu Rajab mengatakan, “Beliau melakukan beberapa kali haji dan
berdiam di Makkah. Penduduk Makkah senantiasa menyebutkan perihal beliau
berupa kesungguhan dalam ibadah dan banyaknya thawaf yang beliau
kerjakan. Hal mana merupakan suatu yang menakjubkan yang tampak dari
diri beliau.” Dan disaat di Makkah inilah beliau menulis kitab beliau
Miftaah Daar as-Sa’adah wa Mansyuur Wilayaah Ahlil-Ilmi wal-Iradah.
Keluasan Ilmu Syaikhul Islam Ibnul Qayyim Dan Pujian Ulama terhadap beliau
Imam Ibnul Qayyim rahimahullah sangat menonjol dalam ragam ilmu-ilmu
islam. Dalam setiap disiplin ilmu beliau telah memberikan sumbangsih
yang sangat besar.
Murid beliau, al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali, mengatakan, “Beliau
menyadur fiqh dalam mazhab Imam Ahmad, dan beliau menjadi seorang yang
menonjol dalam mazhab dan sebagai seorang ahli fatwa. Beliau menyertai
Syaikhul Islam Taqiyuddin dan menimba ilmu darinya. Beliau telah
menunjukkan kemahiran beliau dalama banyak ilmu-ilmu Islam. Beliau
seorang yang mengerti perihal ilmu Tafsir yang tidak ada bandingannya.
Dalam ilmu Ushul Fiqh, beliau telah mencapai puncaknya. Demikian pula
dalam ilmu hadits dan kandungannya serta fiqh hadits, segala detail
inferensi dalil, tidak ada yang menyamai beliau dlam hal itu. Sementara
dalam bidang ilmu Fiqh dan ushul Fiqh serta bahasa Arab, beliau memiliki
jangkauan pengetahuan yang luas. Beliau juga mempelajari ilmu Kalam dan
Nahwu serta ilmu-ilmu lainnya. Beliau seorang yang alim dalam ilmu
suluk serta mengerti secara mendalam perkataan dan isyarat-isyarat ahli
tasawuf serta hal-hal spesifik mereka. Beliau dalam dalam semua bidang
keilmuan ini memiliki jangkauan yang luas.”
Murid beliau yang lain, yakni al-Hafizh al-Mufassir Ibnu Katsir
mengatakan, “Beliau menyimak hadits dan menyibukkan diri dalam ilmu
hadits. Dan beliau menunjukkan kematangan dalam banyak ragam ilmu Islam
terlebih dalam ilmu Tafsir, hadits dan Ushul Fiqh serta Qawa`id Fiqh.
Ketika Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah kembali ke negeri Mesir, beliau lalu
mulazamah kepadanya hngga Syaikhul islam wafat. Beliau menimba ilmu
yang sangat banyak darinya disertai dengan kesibukan beliau dalam hal
ilmu sebelumnya. Akhirnya beliau adalah yang paling diunggulkan dalam
banyak ilmu-ilmu Islam, …”
Adz-Dzahabi berkata, “Beliau telah memberikan perhatian pada ilmu
hadits, matan maupun tentang hal ihwal perawinya. Dan beliau juga
berkecimpung dalam ilmu fiqh, dan membaguskan penempatannya, …”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata, “Beliau menguasai banyak ilmu-ilmu Islam telebih dalam ilmu tafsir, ushul baik berupa inferensi zhahir maupun yang tersirat (mafhum).”
Al-‘Allamah ash-Shafadi mengatakan, “Beliau sangat menyibukkan diri
dengan ilmu dan dalam dialog. Juga bersungguh-sungguh dan terfokuskan
dalam menuntut ilmu. Beliau telah menulis banyak karya ilmiyah dan
menjadi salah seorang dari imam-imam terkemuka dalam ilmu tafsir,
hadits, ushul fiqh maupun ushul ilmu kalam, cabang-cabang ilmu bahasa
Arab. Syaikhul islam Ibnu Taimiyah tidaklah meninggalkan seorang murid
yang semisal dengannya.”
Pujian juga datang dari banyak ulama besar lainnya, semisal dari imam
al-‘Allamah Ibnu Taghribardi, al-‘Allamah al-Miqriizi, al-Hafizh Ibn
Hajar al-‘Asqalaani, al-Imam asy-Suyuthi, al-‘allamah asy-Syaukani dan
selainnya.
Guru-guru beliau
Berikut ini adalah nama-nama masyaikh/guru-guru beliau yang terkenal,
- Ayahanda beliau yaitu Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad az-Zura’I ad-Dimasyqi. Dimana Ibnul Qayyim menyadur ilmu Faraidh dari beliau.
- Abu Bakar bin Zainuddin Ahmad bin Abdu ad-Daa`im bin Ni’mah an-Naabilisi ash-Shalihi. Beliau dijuluki al-Muhtaal. (wafat 718 H)
- Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin Abdissalam bin Abil-Qasim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi al-Hanbali. (wafat 728 H). Beliau adalah guru Ibnul Qayyim yang paling populer, dimana Ibnul Qayyim rahimahullah mulazamah dalam banyak bidang-bidang keilmuan darinya.
- Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdurrahman bin Abdul Mun’im bin Ni’mah Syihabuddin an-Nabilisi al-Hanbali. 9wafat 697 H).
- Syamsuddin abu Nashr Muhammad bin ‘Imaduddin Abu al-Fadhl Muhammad bin Syamsuddin Abu Nashr Muhammad bin Hibatullah al-Farisi ad-Dimasyqi al-Mizzi. (wafat 723 H)
- Majduddin Abu Bakar bin Muhammad bin Qasim al-Murasi at-Tuunisi. 9wafat 718 H)
- Abu al-Fida` Ismail bin Muhammad bin Ismail bin al-Farra` al-Harrani ad-Dimasyqi, syaikhul Hanabilah di Damaskus. (wafat 729 H)
- Shadruddin Abu al-Fida` Ismail bin Yusuf bin Maktum bin Ahmad al-Qaisi as-Suwaidi ad-Dimasyqi (wafat 716 H)
- Zainuddin Ayyub bin Ni’mah bin Muhammad bin Ni’mah an-Naabilisi ad-Dimasyqi al-Kahhaal. (wafat 730 H).
- Taqiyuddin Abu al-Fadhl Sulaiman bin Hamzah bin Ahmad bin Umar bin qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi al-Hanbali. (wafat 715 H).
- Syarafuddin Abdullah bin Abdul Halim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi, saudara Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. (wafat 727 H).
- ‘Alauddin Ali bin al-Muzhaffar bin Ibrahim Abul hasan al-Kindi al-Iskandari ad-Dimasyqi. (wafat 716 H)
- Syarafuddin Isa bin Abdurrahman bin Ma’aali bin Ahmad al-Mutha’im Abu Muhammad al-Maqdisi ash-Shalihi al-hanbali. (wafat 717 H)
- Fathimah binti asy-Syaikh Ibrahim bin Mahmud bin Jauhar al-Ba’labakki. (wafat 711 H).
- Baha`uddin Abul al-Qasim al-Qasim bin asy-Syaikh Badruddin Abu Ghalib al-Muzhaffar bin Najmuddin bin Abu ats-Tsanaa` Mahmud bin Asakir ad-Dimasyqi. (wafat 723 H).
- Qadhi Qudhaat Badruddin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’adullah bin Jama`ah al-Kinaani al-Hamawi asy-Syafi’i. (wafat 733 H).
- Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abu al-Fath bin Abu al-Fadhl al-Ba’labakki al-Hanbali. (wafat 709 H)
- Shafiyuddin Muhammad bin Abdurrahim bin Muhammad al-Armawi asy-Syafi’I al-Mutakallim al-Ushuli, Abu Abdillah al-Hindi. (wafat 715)
- Al-Hafizh Yusuf bin Zakiyuddin Abdurrahman bin Yusuf bin Ali al-Halabi al-Mizzi ad-Dimasyqi. (wafat 742 h).
Murid-murid beliau
Ketenaran al-Imam Ibnul Qayyim
rahimahullah serta kedudukan ilmiyah beliau yang tinggi menjadikan
banyak klangan ulama terkenal yang mengagungkan dan berguru kepada
beliau. Demikian banyak ulama dan selain mereka yang mengambil ilmu dan
berdesakan di majlis Ibnul Qayyim rahimahullah. Dari mereka yang menimba
ilmu dari Ibnul Qayyim, bermunculan para pakar dibidang ilmu tertentu.
Diantara murid-murid beliau,
- Anak beliau Burhanuddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
- Anak beliau Jamaluddin bin al-Imam Ibnul Qayyim.
- Al-Hafizh al-Mufassir Abu al-Fida` Ismail bin Umar bin Katsir al-Qaisi ad-Dimasyqi.
- Al-Hafizh Zainuddin Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab al-Hasani al-Baghdadi al-Habali.
- Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abdul hadi bin Yusuf bin Qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi.
- Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Abdul Qadir bin Muhyiddin Utsman al-Ja’fari an-Naabilisi al-Hanbali.
- Dan lain sebagainya.
Kepribadian Syaikhul Islam Ibnul Qayyim
Syaikhul Islam Ibnul Qayyim rahimahullah, selain dikenal dengan
keluasan ilmu dan pengetahuan beliau akan ilmu-ilmu Islam, beliau juga
seorang yang tidak melupakan hubungan beliau dengan penciptanya. Adalah
beliau seorang yang dikenal dengan sifat-sifat mulia, baik dalam ibadah
maupun akhlak dan prilaku beliau. Beliau adalah seorang yang senantiasa
menjaga peribadatan dan kekhusyu’an dalam ibadah. Selalu berinabah dan
menundukkan hati kepada-Nya. Seluruh waktu beliau habis tercurah untuk
wirid, dzikir dan ibadah. Beliau juga seorang yang dikenal dengan
banyaknya tahajjud, sifat wara`, zuhud, muraqabah kepada Allah dan
segala bentuk amal-amal ibadah lainnya. Kitab-kitab beliau semisal
Miftaah Daar as-Sa’adah, Madaarij as-Salikin, al-Fawaa`id, Ighatsah
al-ahafaah, thariiq al-Hijratain dan selainnya adalah bukti akan
keutamaan beliau dalam hal ini.
Al-Hafizh Ibnu Rajab al-hanbali berkata, “Adalah beliau seorang yang
selalu menjaga ibadah dan tahajjud. Beliau seringkali memanjangkan
shalat hingga batas yang lama, mendesah dan berdesis dalam dzikir, hati
beliau diliputi rasa cinta kepada-Nya, senantiasa ber-inabah dan memohon
ampunan dari-Nya, berserah diri hanya kepada Allah, … tidaklah saya
pernah melihat yang semisal beliau dalam hal itu, dan juga saya belum
pernah melihat seseorang yang lebih luas wawasan keilmuan dan
pengetahuan akan kandungan makna-makna al-qur`an dan as-Sunnah serta
hakikat kimanan dari pada beliau. Beliau tidaklah ma’shum, akan tetapi
saya belum melihat semisal beliau dalam makna tersebut.”
Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, menyifati panjangnya shalat beliau,
“Saya tidak mengetahui seorang alim di muka bumi ini pada zaman kami
yang lebih banyak ibadahnya dibandingkan dengan beliau. Beliau sangatlah
memanjangkan shalat, melamakan ruku’ dan sujud, …”
Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata menyifati diri beliau, “Beliau
rahimahullah, biasanya setelah mengerjakan shalat shubuh duduk ditempat
beliau berdzikir kepada Allah hingga hari telah meninggi.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Dan adalah beliau –Ibnul Qayyim- berkata, “Dengan kesabaran dan kemiskinan akan teraih kepemimpinan dalam hal agama.”
Dan beliau juga berkata, “Haruslah bagi seorang yang meniti jalan hidayah memiliki kemauan kuat yang akan mendorongnya dan mengangkatnya serta ilmu yang akan menjadikannya mengerti/yakin dan memberinya hidayah/petunjuk.”
Sementara akhlak dan kepribadian beliau dalam mu’amalah, sebagaimana
yang disampaikan oleh al-Hafizh Ibnu Katsir, “Beliau seorang yang sangat
indah bacaan al-qur`an-nya serta akhlak yang terpuji. Sangat penyayang,
tidak sekalipun bliau hasad kepada seseorang dan tidka juga
menyakitinya. Beliau tidak pernah mencerca dan berlaku dengki kepada
siapapun juga. Saya sendiri adalah orang yang paling dekat dan paling
mencintai beliau.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Beliau juga mengatakan, “Dan sebagian besa ryang tampak pada diri beliau adalah keaikan dan akhlak yang shalih.”
Karya Ilmiah beliau
Karya ilmiyah syaikhul islam Ibnul Qayyim sangatlah banyak dan dalam
berbagai jenis disiplin keilmuan. Asy-Syaikh al-‘Allamah Bakr bin Abu
Zaid mengumpulkan karya ilmiyah beliau dan mencapai 96 judul,
diantaranya yang populer,
- Kitab Zaad al-Ma’ad al-hadyu ilaa Sabiil ar-Rasyaad.
- A’laam al-Muwaqqi’in ‘an Rabbil ‘alamiin.
- Ahkaam Ahli adz-Dzimmah.
- Madaarij as-Saalikin.
- Tuhfah al-Maudud bi-Ahkaam al-mauluud.
- Ath-Thuruq al-Hukmiyah fii as-Siyasah asy-Syar’iyah.
- Ighatsah al-Lahafaan.
- Ash-Shawaa`iq al-Mursalah ‘ala al-Jahmiyah wal-Mu’aththilah.
- Al-Furusiyah.
- Ash-shalah wa Hukmu Taarikihaa.
- Ijtima’ al-Juyusy al-Islamiyah ‘ala Ghazwi al-Mu’aththliah wal-Jahmiyah.
- Syifa`u al-‘alil fii Masaa`il al-Qadha` wal-Qadar wal-Hikmah wat-Ta’liil.
- Al-Kafiyah asy-Syafiyah fii al-Intishar lil-Firqah an-Najiyah.
- ‘Iddah ash-Shabirina wa Dzakhirah asy-Syakirin.
- Ad-Daa`u wad-Dawaa’u
- Bada’I al-Fawaa`id.
- Al-Fawaa`id
- Miftaah Daar as-Sa’adah
- Al-Manaar al-Muniif fii ash-Shahih wadh-Dha’if.
- Tahdzib Sunan Abi Dawud wa iidhah Muskilaatihi wa ‘Ilalihi.
- Hidayah al-Hiyaara fii Ajwibah al-Yahuud wan-Nashaara.
- Dan masih banyak lagi lainnya.
Wafat beliau
Beliau wafat pada malam kamis pada tanggal tiga belas Rajab pada sat
adzan isya tahun 751 H. Dimana beliau telah memasuki usia enam puluh
tanuh. Dan beliau dishalatkan pada keesokan harinya di masjid jami’
al-Umawi setelah shalat dhuhur. Dan beliau dimakamkan di pemakaman
al-Bab ash-shaghir disambing makam ibnuda beliau. Pemakaman beliau turut
dipersaksikan oleh para qadhi, kaum terkemuka, tokoh-tokoh agama dan
pemerintahan serta orang-orang yang shalih dan khalayak ramai. Semoga
Allah merahmati beliau dan melapangkan kediaman beliau dialam
berikutnya.
Ditulis oleh : Al-Ustadz Rishky Abu Zakariya melalui Ahlussunnah-jakarta.com
0 comments:
Post a Comment